Serah Terima Gedung Proyek 4in1 IsDB



Enam gedung baru di Universitas Mulawarman yang dibangun dari proyek 4in1 IsDB, telah diserahterimakan langsung dari Rektor Unmul ke para penggunanya pada 1 April lalu. "Mulai hari ini, seluruh aktifitas pengelolaan menjadi tanggungjawab masing-masing pengguna," kata Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si di hadapan para undangan di Gedung Unmul Hub.

Lebih lanjut, kata Masjaya, serah terima gedung baru ini dilakukan agar segera dipelihara dan dimanfaatkan oleh para penggunanya semaksimal mungkin. "Banyak orang bisa membangun gedung tetapi tidak bisa memelihara dan memanfaatkannya," ungkapnya. Enam gedung yang dimaksudkan adalah gedung perkuliahan dan laboratorium Fakultas Teknik, Gedung Laboratorium Fakultas Farmasi, Gedung Laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Gedung Science Learning Center (SLC). Tiga gedung pertama, diserahkan ke masing-masing fakultas bersangkutan, dan gedung SLC diserahkan ke Fakultas MIPA untuk mengelolanya. Kemudian gedung lainnya, seperti Gedung Integrated Laboratory (I-Lab), dan Unmul Hub serta fasiltas Water Treatment Plant (WTP) pengelolaannya dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika Unmul.

Dalam acara serah terima tersebut, juga dihadiri seluruh wakil rektor di Unmul dan para dekan serta undangan baik dari dalam kampus maupun luar kampus. Dalam kesempatan itu, menurut Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Bohari Yusuf, M.Si, acara ni bukanlah agenda peresmian gedung, melainkan serah terima pemanfaatan gedung. "Hal ini merupakan anjuran dari Kemendikbud, begitu gedung ini selesai, jangan sampai tidak dimanfaatkan," katanya. Bohari yangjuga adalah Wakil Direktur dan PPK PIU IsDB Unmul ini, berharap agar kedepannya, proyek gedung dan infrastruktur di Unmul yang mulai dibangun sejak 2018 ini, dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, sebagaimana dia telah meresmikan kampus baru yang dibangun IsDB di Untirta, Banten, 4 Maret 2021 lalu.

Khusus di Gedung Unmul Hub ini, lanjut Bohari, terdapat ICT Center yang dapat memantau gedung lainnya dengan CCTV. "Jadi, dari gedung ini kita bisa memantau, dan Insha Allah, apa yang ada di gedung-gedung baru ini, cukup bagus kualitasnya," ungkapnya. (naskah: ag/PIU Unmul, foto: Humas Unmul)