Proyek IsDB Selesai, Segera Hand Over ke Unmul



Proyek IsDB di Unmul tampaknya akan segera berakhir. Utamanya pembangunan gedung-gedung dan Outdoor Learning Space nya (OLS). Berdasarkan laporan PT NKE, kontraktor dari proyek 4in1 IsDB di Unmul ini, progres pembangunannya sudah mencapai 100 persen. Hal ini bisa diprediksikan demikian, karena sejak Monev pada 13 November lalu saja, progresnya sudah mencapai 99 persen lebih. Ditambah lagi berbagai furniture sudah berada pada ruangan yang telah ditentukan. Artinya, proyek pembangunan yang sudah rampung ini, sudah bisa dilakukan hand over ke Unmul. 

Persiapan mengenai hal ini, sementara dibahas oleh PIU IsDB Unmul beserta pihak PT. NKE, CCM, dan tim teknis dari PIU malam ini (9/12) di Hotel Astara, Balikpapan. Pembahasan yang akan berlangsung hinggal tanggal 11 Desember ini,  adalah mengenai Provisional Hand Over (PHO) Pekerjaan Civil Work Proyek IsDB Unmul.   Dalam meeting ini, disepakati hand over proyek ini akan dilaksanakan pada 18 Desember 2020.  PHO ini merupakan serah terima hasil pekerjaan pertama dari kontraktor ke pihak-pihak yang berkepentingan terhadap pelaksanaan pekerjaan . 

Sebagaimana diketahui, proyek pembangunan yang didanai IsDB ini, terdiri dari tujuh gedung dan 2 lokasi OLS termasuk didalamnya gerbang utama dan fasilitas Water Treatment Plant  (WTP). Tujuh Gedung tersebut adalah Gedung Integrated Lab (lokasi dekat Fakultas MIPA dan FISIP), Gedung Science Learning Space (lokasi antara Fakultas MIPA dan Kehutanan), Gedung ICT, Gedung CSIT 1 dan 2 (keduanya berlokasi dekat GOR dan Teknik), Gedung Laboratorium Farmasi dan Laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat (Keduanya berlokasi di dekat gedung Baru Pasca sarjana dan gedung  FKM).  Sejumlah proyek inilah yang nantinya akan dilakukan PHO pada pertengahan Desember ini. (ag-PIU Unmul.